Kamis, 15 Juni 2017

STUDI EKSKURSI (6) PERJALANAN MEWAH DUBAI CREEK


PERJALANAN MEWAH
 DUBAI CREEK




Assalamu’alaikum wr. wb. Membahas mengenai perjalanan studi ekskursi ke Dubai, akan terasa kurang jika tidak membahas mengenai Dubai Creek. Apakah Dubai Creek masih terasa asing? Lalu apa sebenarnya Dubai Creek itu? Daya Tarik seperti apa yang ditawarkan Dubai Creek kepada pengunjung? Berikut penjelasan singkat mengenai Dubai Creek.

Dubai Creek memang bukan tujuan wisata utama saat berkunjung ke Dubai, namun tak bisa disangkal bahwa saat ini Dubai Creek merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki keindahan pemandangan dan pengalaman yang menarik. Namun demikian sejauh ini Dubai Creek merupakan tempat tujuan wisata nomor satu di Timur Tengah. Para wisatawan yang mengunjungi dubai diibaratkan sebagai perjalan untuk pemborosan dengan menyaksikan dan melihat secara langsung betapa modernnya kota tersebut. Begitu pula dengan menikmati keindahan sungai pada Dubai Creek.


SEJARAH SINGKAT

Dubai Creek pada siang hari

Dubai Creek atau Khor Dubai (Bahasa arab : خور دبيKhor Dubay) adalah sebuah sungai kecil air garam yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Beberapa sumber mengatakan bahwa sungai ini memanjang ke daratan hingga Al Ain, dan bahwa Yunani Kuno menyebutnya Sungai Zara. Secara sejarah, sungai ini membelah kota menjadi dua bagian utama &ndashl Deira dan Bur Dubai. Di sepanjang tepinya di Bur Dubai anggota suku Bani Yas pertama menetap pada abad ke-19, mendirikan dinasti Al Maktoum di kota itu. Pada awal abad ke-20, sungai ini, meskipun tidak mampu dilayari transportasi berukuran besar, tetapi dapat melayani sebagai pelabuhan kecil bagi dhow yang datang dari India atau Afrika Timur. Meskipun menghambat pintu masuk kapal karena alirannya, sungai ini masih menjadi elemen penting dalam menetapkan posisi perdagangan Dubai, menjadi satu-satunya pelabuhan atau dermaga di kota ini. Industri permata Dubai, yang membentuk sektor utama ekonomi kota, didasarkan pada penjelajahan di sungai ini, sebelum penemuan permata buatan pada tahun 1930-an.

MENJELAJAHI DUBAI CREEK

Dubai Creek adalah sungai air asin yang membentang dari Teluk sampai ke Suaka Margasatwa Ras Al Khor dan pada dasarnya membelah Dubai menjadi dua wilayah yang dikenal dengan Bur Dubai dan Deira. Pengunjung Dubai Creek akan naik kapal pesiar menyusuri Dubai Creek mengagumi bagaimana masa lalu kuno yang terus berkembang di lingkungan yang sangat modern. Kemudian pengunjung akan melihat lambang kemewahan di mana-mana, dari pulau dan marina buatan manusia

Disisi lain Dubai Creek terdapat pedagang-pedagang yang akan menjajakan berbagai jenis buah tangan seperti makanan, pakaian, pernak-pernik, dan hiasan lainnya. Para pedagang juga tak sedikit yang naik-turun menyusuri sungai.  

Dubai Creek pada malam hari

Perahu layar Dubai Creek yang terbuat dari kayu

Dubai Creek lebih indah dan menyenangkan jika melakukan pelayaran pada malam hari. Selain itu pengunjung juga dapat melakukan pelayaran dengan menyantap makan malam di Dubai Creek sebagai pengalaman makan paling romantis. Terutama saat-saat matahari terbenam yang akan bersembunyi dibalik bangunan-bangunan tinggi. Kapal-kapal yang terdapat pada Dubai Creek lebih banyak menggunakan perahu yang terbuat dari kayu. Dengan begitu pengunjung akan melewati sungai yang tenang dengan perlahan.

SUMBER
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Dubai_Creek
  • https://www.egypttoursplus.com/dubai-creek-cruise/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar